You Are Reading

5

FORUM DISKUSI

Azmi Azhari Senin, 01 Januari 2001
Sumber gambar: http://hotmudflow.files.wordpress.com/2007/03/disc2.png

Silahkan kawan pengunjung sahabatfiksi mengisi forum diskusi ini. Diskusi bisa berupa mengenai tulis menulis, mengenai kritik dan saran, atau apapun yang ingin didiskusikan.

klik disini untuk mendownload petunjuk pengisian blog FIKSI

5 komentar:

Azmi Azhari mengatakan...

Download panduan pengisian blog..
disini:
http://www.ziddu.com/download/13129529/PETUNJUKPENGISIANBLOGSAHABATFIKSI.pdf.html

Azmi Azhari mengatakan...

kopas aja di tempat url browser tmn2..

Azmi Azhari mengatakan...

contoh cerpen, ada di facebook, ini lanjutannya..
Poin Penting:

1. Jadi kesimpulannya, dalam menulis cerpen kita menganggap sang tokoh sudah dikenal dari bab-bab sebelumnya. Lalu untuk apa susah payah memperkenalkan diri lagi?!
2. cerpen itu seperti novel, punya cerita awal (cerita awal untuk cerpen itu), klimaks, ending.
3. Jangan buat ending cerita "mati" (maksudnya, ending yang bener-bener nutup cerita novel)bikin ending buat klimaks cerpen kalian.
4. Jangan masih terfokus cerita sebelumnya, ini jaman waras di jakarta. Saya kemarin kecewa karena kalian semua membuat bab ke 4 dalam novel secara kroyokan, lalu mana cerita bab-bab selanjutnya?!
5. Banyak yang berpikir bahwa berjiwa satria itu jago berkelahi, berani, dan sebagainya, namun saya lihat kebanyakan cerita dari kalian cuma copet tow menolong/berkelahi saja, jangan tonjolkan seperti itu saja. Mana makna dalam cerita itu?! C'mon everyone we'll be your self. Temukan cerita unik kalian, segila apapun itu yang penting beda dari yang lain-lain. Bullshit sama aturan eyd/gaya bahasa, keluarkan inspirasi kalian. Berikan cerita yang bisa menstimulus pembaca nantinya.
6. Jangan takut/ragu pas nulis, itu gunanya ada Tahap 2, kita belajar memperbaiki tulisan kita dari situ. Kritik, komentar dan saran adalah nilai yang sangat membantu kita dalam memperbaiki tulisan kita. Semakin kita mengetahui apa kesalahan kita, kita pun akan menghindari kesalahan yang sama. Seperti Thomas A. Edison bilang pas bikin lampu gagal mulu, dia bilang "Aku telah menemukan 999 cara yang salah untuk menemukan lampu"

Semoga kalian mengerti, tapi kalo emang masih gak ngerti, tanyakan saja.Pertanyaan apapun itu akan saya jawab.

Anonim mengatakan...

klo maw mengirim karya saya semisal sebuah cerpen atw novel ini bgmna caranya??

buatloe mengatakan...

saya ingin tanya
bgaimana caranya agar bisa bkerja dlam prusahaan penerbitan?(di kantor,bukan di pabrik prcetakakn)
mhon bntuanya

Poskan Komentar

Harus bin wajib isi komentar.. oke.. hehe

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
Copyright 2010 FIKSI